Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tingkat Kapanewon

Wates - Kamis (22/9/2022) bertempat di Pendopo Kapanewon Wates diadakan acara Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana tingkat Kapanewon Wates. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Panewu Wates, Kepala Jawatan Keamanan, Kepala Jawatan Sosial, Kasubag Umum, Ketua KWSB Kapanewon Wates, Pengurus Tagana, TKSK dan Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kalurahan se-kapanewon Wates.

Dalam acara tersebut disepakati bahwa akan dibentuk Relawan Sungai serang yang akan membantu Pengawasan jika terjadi banjir. Selain itu seluruh kegiatan Destana (Desa Tangguh Bencana) lewat FPRB dapat dianggarkan lewat APBDes masing-masing dengan menyesuaikan kebutuhan wilayah masing-masing. Seluruh Ketua FPRB Kalurahan (Karangwuni, Sogan, Kulwaru, Ngestiharjo, Bendungan, Triharjo, Wates) melaporkan bahwa pada pada tahun 2023 kegiatan Destana di masing-masing kalurahan sudah terbiayai dan mohon petunjuk lebih lanjut agar penggunakan dana tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Khusus Kalurahan Ngestiharjo akan ada Kegiatan dengan dana Perubahan di APBDes 2022 untuk simulasi Tanggap Darurat. Sedangkan FPRB Giripeni di akhir tahun 2022 ini sudah menyiapkan pemancar radio yang bisa diakses keseluruh Wilayah Kapanewon Wates, bagi Pengurus FPRB Kalurahan lain bisa memanfaatkan saluran tersebut untuk komunikasi lewat HT.

Sebelum acara ditutup, Panewu Wates berpesan kepada Seluruh peserta yang Hadir agar tetap semangat menjadi relawan. Agar seluruh pengurus FPRB agar selalu berkomunikasi dengan pemerintah Kalurahan setempat, supaya jika terjadi kebencanaan bisa lebih cepat tertangani.