LINMAS KELURAHAN WATES IKUTI BIMTEK PENINGKATKAN KAPASITAS

Wates :- Anggota Satgas Linmas Kelurahan Wates dalam rangka peningkatan kapasitasnya, Kamis (16/07/2022) bertempat di Ruang Rapat Kelurahan Wates di Bimtek. Hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut, Kasat Pol.PP yang diwakili Bpk. SUSILA TAMAJI, SIP., M.M. - Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo sebagai narasumber, Bpk. TAUFIK SUBAGYO, S.E. - Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Wates mewakili dari Kapanewon Wates, Bhabinkamtibmas Kelurahan Wates Bpk. Aiptu Nur Rohmanto, Babinsa Kelurahan Wates Bpk. Sertu Ariyanto dan Serda Sarjiyo, dan, anggota Satgas Linmas Kelurahan Wates sebagai peserta Bimtek.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas yang diselenggarakan ini memang sengaja digelar, karena memang sudah menjadi program perencanaan di tahun 2021 dan direalisasikan pada tahun 2022 ini. Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat walaupun sudah masuk di PPKM Level 1, untuk memutus rantai penularannya. Kelurahan Wates melalui Kapanewon Wates menyampaikan kegiatan serupa akan tetap diprogramkan dan berlanjut pada tahun 2023 mendatang terkait menjelang terlaksanakannya Pemilu Presiden Wakil Presiden serta DPR/DPRD/DPD di bulan Februari 2024. “Insya Allah, kegiatan seperti ini tetap kita programkan, terutama untuk kegiatan simulasi pemilu tahun 2024,”ungkap Bpk. TAUFIK SUBAGYO, S.E.

Sementara Bpk. Bambang Sunartito, S.IP selaku Lurah Kelurahan Wates dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Bimtek atas partisipasinya, semangatnya bisa mengikuti kegiatan ini. Untuk menggugah semangat para peserta Bimtek, menyampaikan yel-yel.

https://media.giphy.com/media/DpLzt0nnpQU3NvxON0/giphy.gif

Keberadaan Linmas ini, berdasarkan ketentuan terbaru diatur dalam Permendagri Nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketentraman umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Berdasarkan aturan tersebut, disampaikan dalam materi I oleh Bpk. SUSILA TAMAJI, SIP., M.M., bahwa Satuan Pelindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas adalah organisasi yang beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan atau desa dibentuk oleh lurah atau kepala desa untuk melaksanakan Linmas. “Anggota Satlinmas adalah warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan,”jelasnya. Selain itu disampaikan terkait adanya SIM LINMAS bagi anggota Linmas, yang harus dimiliki oleh setiap anggota dengan cara mendownload aplikasinya di Playstore dan membuat akun. Setelah terregistrasi diharapkan dapat melaporkan setiap kegiatan-kegiatan Linmas di masyarakat disertai dengan upload foto-foto kegiatannya. Kegiatan yang dimaksud, seperti Bimtek ini, membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta membantu pemerintah kelurahan atau kalurahan dalam suksesnya Pemilu dan lain sebagainya.

Bpk. TAUFIK SUBAGYO, S.E., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kepada Perangkat Kelurahan Wates atas terselenggaranya kegiatan ini. “Saya ucapkan terima kasih serta sangat mengapresiasi atas kegiatan ini,”tandasnya.

https://giphy.com/channel/mulyantoded0ea6a245e4d8db740aa522e361890/bimtek-linmas-kelas-2022

Kegiatan penyampaian materi di kelas.

Dikatakan, peningkatan kemampuan dan keterampilan Anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya melalui pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan Anggota Satlinmas ini sangat penting. Sehingga keberadaannya di Kelurahan, tidak hanya pada saat ada momen Pemilu, Pemilukada,Pil presiden,Pilkades atau yang lainnya saja, melainkan keberadaannya sudah ada dari jaman pemerintahan Hindia-Belanda. “Oleh karena itu, jika dilihat dari masa keberadaannya tersebut, tentu tugas dan fungsi Satgas Linmas Kelurahan ini sangat kompleks,”kata Aiptu Nur Rohmanto, dalam penyampaian materi II.

Beliau mengajak, karena kegiatan ini sangat penting bagi anggota Satgas Linmas Kelurahan untuk meningkatkan kapasitas SDM nya, maka seluruh rangkaian kegiatan hari ini bisa diikuti dengan serius serta penuh semangat.

Sementara itu, Sertu Ariyanto menyampaikan materi tentang Wawasan Kebangsaan. Linmas harus berperan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat dan mendahulukan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Juga disampaikan semangat ke-Bhinekaan, walaupun kita berbeda-beda tetap sama di atas hak asasi manusianya.

https://giphy.com/channel/mulyantoded0ea6a245e4d8db740aa522e361890/praktek-lapangan-bimtek-linmas

Kegiatan Praktek Lapangan

Kegiatan praktek lapangan menjadi rangkaian acara dalam Bimtek Linmas Kelurahan Wates kali ini. Walaupun di bawah teriknya matahari semua peserta masih antusias mengikutinya sampai acara selesai. Di pimpin oleh Serda Sarjiyo para peserta mengikuti arahan kegiatan PBB tingkat dasar, seperti sikap siap, istirahat, jalan di tempat, hormat dan lainnya.

https://media.giphy.com/media/X5dEfVA2ZNpgsKS3b1/giphy.gif

Rangkaian Kegiatan Bimtek ini ditutup oleh Bpk. Bambang Sunartito, S.IP, beliau berpesan, ilmu yang didapat dari kegiatan ini semoga dapat dipedomani, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dalam semua kegiatan yang ada di wilayah masing-masing diharapkan bisa berperan aktif, apabila ada sesuatu hal yang perlu koordinasi, bisa disampaikan kepada kami melalui Bhabinkamtibmas atau Babinsa Kelurahan Wates.