Rakor Forum RT RW Kelurahan Wates dan Sosialisasi Kelurahan Bersih Narkoba ke-2

Pada hari Kamis tanggal 27 Januari 2022 pukul 13.00 WIB yang lalu, bertempat di Aula Kelurahan Wates Kapanewon Wates Kulon Progo telah dilaksanakan Rapat Koordinasi RT RW Kelurahan Wates dan Sosialisasi Kelurahan Bersih Narkoba sekaligus pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Kelurahan Bersinar) ke-2. Pada pertemuan pertama yang lalu diikuti 8 RW dan 44 RT meliputi wilayah Punukan, Beji, Terbah, Jogoyudan, Mutihan, Kriyanan, Wetan Pasar dan Gadingan, sedangkan untuk pertemuan kedua ini diikuti 8 RW dan 42 RT meliputi Wilayah Durungan, Kedungdowo, Driyan, Wonosidi Lor, Wonosidi Kidul, Dipan, Kedunggong, dan Sebokarang. Selain dihadiri oleh ketua RT / RW se-Kelurahan Wates, juga turut hadir dari BNNP DIY sebagai nara sumber sosialisasi, Kapanewon Wates yang diwakili oleh Panewu Anom, perangkat Kelurahan Wates, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

https://media.giphy.com/media/YCrhBu7Eley8fqyfz9/giphy.gif

Seperti pada saat Pertemuan RT RW se kelurahan Wates pertama, acara ini merupakan agenda rutin yang di laksanakan di awal tahun 2022 sebagai bentuk koordinasi, konsolidasi dan penyampaian beberapa informasi baik dari kelurahan Wates maupun dari RT RW itu sendiri. Dalam kesempatan itu oleh bapak Panewu Anom Kapanewon Wates, Yuli Indriyatna, SSTP dalam sambutannya, mengajak kepada seluruh warga kelurahan Wates melalui Forum RT RW ini untuk bersemangat dan ikhlas dalam melayani kebutuhan warganya serta menjaga lingkungan, keamanan dan ketertiban. Hal senada juga di sampaikan oleh bapak Lurah Wates, Bambang Sunartito, SIP, “Mengawali kegiatan di awal tahun 2022 ini diharapkan di masa pandemic Covid 19 yang belum berakhir ini semangat kebersamaan dan gotong royong, bahu membahu tetap terjaga baik dalam hal keamanan, ketertiban dan kesehatan masyarakat, serta menciptakan kelurahan Wates bersih dari narkoba”. Selain Koordinasi RT RW, dalam forum ini di laksanakan Sosialisasi Kelurahan Bersih Narkoba sekaligus Pencanangan Kelurahan Wates menjadi Kelurahan Bersih Narkoba (“Kelurahan Bersinar”). Kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu upaya atau wujud “Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba” (P4GN) di wilayah Kelurahan Wates. Secara simbolis diserahkan banner kepada ketua RW kelurahan Wates oleh bapak Panewu Anom Kapanewon Wates, Yuli Indriyatna, SSTP beserta bapak Lurah Wates, Bambang Sunartito, S.IP dan  bapak Heri Santosa dari BNNP DIY.

https://media.giphy.com/media/xqHSsQTcH6eyHv1HMZ/giphy.gif

Pencanangan “Kelurahan Bersinar” yang dilaksanakan adalah sebagai bentuk perang melawan narkoba di wilayah Kelurahan Wates, seperti  yang disampaikan bapak Heri Santosa dari BNNP DIY dalam materi sosialisasinya. Wates termasuk dalam kategori “WASPADA” terkait penyalahgunaan narkoba, sehingga mengajak kita semua sepakat untuk perang melawan narkoba, untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa. Peran orang tua, aparat dan semua elemen masyarakat di wilayah kelurahan Wates diharapan bisa saling berkoordinasi dan saling memberikan informasi terkait kasus penyalahgunaan narkoba sebagai upaya perlindungan dan penyelamatan generasi muda. Selain hal tersebut, ada beberapa program dari BNNP DIY dalam upaya “Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba” (P4GN), seperti dalam program BNN di tahun 2022 yang di sampaikan yaitu Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba dan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa. Kegiatan ini melibatkan beberapa unsur, dari masyarakat seperti RT RW, Jaga Warga, PKK, Karang Taruna, dan dari kelurahan seperti Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas, Linmas. Dengan program tersebut diharapkan mampu mewujudkan upaya “Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba” (P4GN) secara nasional. Di akhir penyampaian sosialisasi, beliau mengajak seluruh peserta untuk berjanji mewujudkan upaya tersebut. Untuk menyemangati dengan membuat yel-yel.

“Selain ancaman bahaya narkoba saat ini sedang marak dengan banyaknya kasus kenakalan remaja juga menjadi perhatian kita semua, kita bersama awasi kegiatan anak-anak kita seperti apa, dan dengan siapa bergaul, pergi kemana”, ujar bapak Nur Rohmanto (Bhabinkamtibmas). Pak Ariyanto (Babinsa) juga menambahkan, terkait dengan adanya kasus pencurian untuk menjaga keamanan dengan giat ronda, musim penghujan ini mohon untuk berhati-hati banyak kegiatan proyek yang berada di area jalan raya.