Pelaksanaan Fogging di RW Kedungdowo Wates Kelurahan Wates

Pemerintah Kelurahan Wates melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo melakukan penyemprotan cairan insektisida lewat metode pengasapan atau fogging Selasa 11 dan 18 Januari 2022. Langkah ini dilakukan menyusul adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dialamai oleh beberapa warga di wilayah RW 10 Kedungdowo, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates.

Pelaksanaan fogging yang menyasar lingkungan tempat tinggal di sebagian wilayah RW 10 Kedungdowo ini melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Puskesmas Wates, Pemerintah Kelurahan Wates, Babinsa, Ketua RW dan RT Kedungdowo serta masyarakat sekitar.

"Fogging menjadi langkah terakhir yang dilakukan apabila terdapat kasus DBD. Yang paling utama dalam kaitan pencegahan adalah memperhatikan kebersihan dengan melakukan 3M," terang Bambang Sunartito, SIP Lurah Kelurahan Wates.

Cara sederhana namun efektif dalam mencegah penularan demam berdarah adalah dengan melakukan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan strategi 3M Plus yaitu 1. menguras,membersihkan dan menyikat tempat penampungan air seminggu sekali 2. menutup rapat tempat penampungan air 3. mengubur dan memdaur ulang barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air. Sedangkang Plusnya adalah menaburkan bubuk Larvasida serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dalam bak-bak penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan lotion anti nyamuk dan lain-lain.

Kasus demam berdarah cenderung meningkat di sekitar bulan Desember dan Januari karena bersamaan dengan musim hujan. Oleh karena itu Lurah Kelurahan Wates menghimbau dan mengajak kepada masyarakat melalui Ketua RW, Ketua RT dan kader kesehatan yang ada di setiap RW agar terus digiatkan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M Plus.