UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA TAHUN 2019

(Wates) Senin tanggal 28 Oktober 2019 pukul  07.30  WIB bertempat  di  halaman Balai  Desa  Sogan Pemerintah Kecamatan Wates memperingati  hari  sumpah Pemuda  ke 91. Petugas  upacara adalah anggota  karang  Taruna Desa Sogan dan Perangkat Desa Sogan. Bertindak selaku Inspektur  upacara  adalah Bapak Camat Wates  Santoso SIP. Msi.

upacara

Peserta  upacara  yang terlibat adalah seluruh  ASN  Kecamatan Wates, Forkompincam, UPT Pasar Wilayah I, BPPPK, UPT  Penyuluhan Pertanian, UPT Puskeswan, UPT  Puskesmas, KUA, Kepala Desa/ Lurah  dan Perangkatnya / Staf dan karang taruna ditambah dengan sebagian  siswa SD Sogan serta  SMP 3  Wates.

Dalam amanatnya Camat Wates membacakan amanat Menpora RI dengan  mengambil  Tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema ini diambil  untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Setelah  selesai  upacara diadakan  ramah tamah  dengan informasi  masalah pertanian  yang  disampaikan  oleh Kabid Dinas  Pertanian  Ir. Trenggono MT.

Disampaikan bahwa pembangunan   sektor  pangan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menerapkan sistem yang  berbasis kerakyatan, mengoptimalisasi  tanah  pekarangan untuk budi daya sayuran, buah, tanaman obat, peternakan dan perikanan. Dengan optimalisasi  pemanfaatan tanah pekarangan  dapat  menghemat  pengeluaran  sampai  Rp  300.000. dengan  menanam 15 macam  sayuran  dapat  memenuhi  asupan  gizi  yang  sehat. Di sarankan untuk setiap  Dusun berusaha membentuk  KWT (Kelompok  wanita Tani). KWT  sedapat  mungkin sebagai  motifator, penyedia bibit , pembimbing  sejak  dari  pengolahan  tanah pemanenan dan pemasaran.  <payno>