LOMBA DESA DI BENDUNGAN KECAMATAN WATES KULON PROGO

Lomba desa di Desa bendungan Kecamatan Wates pada hari Jumat 12/4-2019 diawali penerimaan Tim Juri lomba Desa Kabupaten Kulon Progo di Balai Desa Bendungan oleh Camat Wates, Santoso, SIP., M.Si dan Kades Bendungan Mujiyo, SE dengan seluruh perangkat desa. PKK Kecamatan dan PKK Desa, LPMD, BPD, BUMDes, Karangtaruna dan lembaga lainnya.

Penerimaan di Balai desa dimeriahkan dengan penampilan 40 anak PAUD dengan pakaian Jawa yang diwakili oleh beberapa anak melakukan pengalungan bunga yang terbuat dari kertas hasil karya mereka sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hasil karya Kelompok Wanita Tani berupa benih tanaman cabe besar, lombok rawit, pepaya dan bingkisan hasil tani serta ternak yang berupa telor bebek dan hasil olahan pisang crispy yang dikemas dalam bentuk parsel.

Kemudian diiringi oleh empat anak yang memikul gunungan jajanan pasar yang  diikuti oleh 40 anak berpakaian jawa mengantar para tamu memasuki ruangan.

Kades Bendungan dalam paparannya menyampaikan beberapa kegiatan unggulan di desa bendungan, diantaranya Kelompok ternak sapi, Pandai besi, kerajinan kaleng, anyaman eceng gondok, pemanfaatan lahan pekarangan baik untuk peternakan itik, ayam buras, perikanan lele, nila dan grameh. Juga pemanfaatan lahan pertanian dengan tanaman pisang, cabe, tomat, kangkung, lidah buaya. Disampaikan juga bahwa di Dusun Klopo Sepuluh baru dikembangkan penanaman lidah buaya sebagai bahan minuman dan olahan pisang crispy yang sudah dipasarkan di berbagai tempat.

Tim Juri Kabupaten disamping mengevaluasi bidang administrasi juga mengevaluasi kegiatan fisik di lapangan, diantaranya Kelompok ternak sapi, pandai besi dan dilanjutkan di kampung pangan Lestari Dusun klopo sepuluh. Juga kegiatan Kelompok Wanita Tani, anyaman eceng gondok, ayam buras serta mengunjungi tiga rumah sehat serta meninjau kegiatan lansia.

Acara lomba diakhiri penyampaian pesan dan pesan oleh tim Juri kepada kepala Desa Bendungan sebgai bahan tindak lanjut untuk lebih meningkatkan kegiatan yang sudah dilaksanakan. (Dani)