WKSBM

WKSBM

WKSBM/Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat adalah Sistem  kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial di tingkat akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya. Oleh sebab itu sistem jejaring/hubungan kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial merupakan kunci pokok dalam pengembangan WKSBM .  

Langkah yang dapat ditempuh oleh pengelola WKSBM adalah .

1.      Membangun kesepakatan dan membuat program kegiatan bersama.

2.      Melakukan pemutahiran data PMKS dan sumber - sumber potensi yang ada yang bisa di mobilisasi.

3.      Melakukan kajian/pendalaman sebelum menentukan prioritas.

4.      Melaksanakan program/kegiatan sebagai tindak lanjut.

 

WKSBM NGABDI RAHARJO berdiri pada tanggal 30 Oktober 2007. Awal berdirinya berdasarkan pengarahan dan penjelasan dari Dinas Sosial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian hasil pengarahan tersebut di musyawarahkan di RT dan RW dengan dukungan dari masyarakat sekitar yang terlibat dalam kegiatan ini, ternyata banyak anggota masyarakat yang mampu secara ekonomi dan memiliki jiwa kepedulian sosial tinggi yang menjadikan WKSBM ini bisa terbentuk.

            Manfaat dari WKSBM ini adalah  memberikan bantuan langsung kepada warga masyarakat lingkungan yang membutuhkan. Pada saat pertama berdirinya WKSBM ini telah membantu 6 orang warga dengan jumlah bantuan sebesar Rp 25.000,- per orang. Pada tahun-tahun berikutnya banyak warga yang mampu secara ekonomi ikut partisipasi dalam WKSBM ini. Tahun 2013 WKSBM telah disalurkan bantuan kepada 36 Orang dengan perincian setiap orang mendapatkan Rp 50.000,- dan 2 ekor ayam.

Menjelang lebaran WKSBM ini telah menyalurkan uang sebesar Rp 60.000,- dan paket sembako yang berupa (beras, minyak goreng , sarimi , gula , teh, telur , kecap , dll). 

Pada bulan Juni 2013 WKSBM  ini mewakili Kabupaten Kulon Progo mengikuti lomba WKSBM tingkat Propinsi dan mendapat juara 1 serta mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,-