PROGRAM KOTAKU MERAMBAH DESA GIRIPENI

Kamis, 17 Mei 2018 15:24:13 - Oleh : ekobang

Taman Kensi

Detik-Detik Proklamasi Di Kecamatan Wates

Pawai dan Karnaval HUT RI Ke 73 Kecamatan Wates

LARI MARATHON WATES 5K MENGAWALI KEGIATAN PERINGATAN HUT RI TH 2018 DI KECAMATAN WATES

RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE 73 TAHUN 2018 KECAMATAN WATES

Safari Tarawih Tingkat Kabupaten di Kecamatan Wates

 

Rabu 16/5/2018 Camat Wates Santoso, SIP, M.Si menyambut Tim Dokumentasi Program Kotaku di Desa Giripeni Wates. Tepatnya di Taman Kensi yang berada di perbatasan Dusun Kedungpring dan Sideman. Dalam sambutannya Camat menyampaikan bahwa dengan adanya penataan kawasan tersebut yang semula kumuh menjadi sebuah taman indah dapat menjadi pemicu bagi lingkungan disekitarnya untuk menata lingkungan. Camat juga mengharap agar tempat tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan olah raga, pasar romadhon, atau untuk nonton bareng piala dunia.

Dana kegiatan penataan kawasan kumuh berasal dari Program KOTAKU yaitu melalui Bantuan Dana Investasi (BDI), yg merupakan salah satu dana stimulan dalam penanganan kumuh.

Kegiatan penataan dilakukan oleh masyarakat dengan berdasarkan pada perencanaan yg sudah disusun dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP).

Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)  dengan pendampingan dari Tim Fasilitator melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Sedangkan proses pembangunannya dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) secara swakelola.

Kegiatan utama yang dilakukan adalah menangani lingkungan yang mempunyai permasalahan kumuh. Meliputi pembangunan jalan paving, talud, drainase, ruang terbuka hijau, saluran tertutup. Sebagai bentuk dari pembangunan tersebut merupakan kombinasi ruang terbuka hijau (penanaman tanaman hias dan pohon perindang), penataan drainase, pemasangan paving block.

Oleh warga selanjutnya penataan lingkungan diarahkan ke kawasan permukiman yg di dalamnya terdapat pembangunan ruang terbuka hijau sebagai ruang publik. Dilengkapi dengan taman dengan  fasilitas bermain anak, fasilitas batu refleksi untuk lansia, kursi untuk tempat santai, lampu-lampu penerangan. Kawasan ini selanjutnya disebut dengan Taman Kensi yg merupakan singkatan dari Kedungpring dan Sideman.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak