Senam Sehat di Bulan Januari

Jum`at, 9 Januari 2015 08:25:08 - Oleh : Siepor

Senam

SYARAT MEMBUAT KIA ANAK (KTP ANAK)

PERINGATAN HARI IBU KE-88 KECAMATAN WATES TAHUN 2016

Pengukuhan Pengurus PKK Kecamatan Wates

T ERNYATA BEKERJA DENGAN MENGENAKAN PAKAIAN ADAT ITU MENYENANGKAN

MALAM RESEPSI KENEGARAAN DI KECAMATAN WATES

Kegiatan Senam ruti dilakukan setiap hari Jumat di Kecamatan Wates.

Kegiatan Senam Aerobik memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tidak hanya untuk kebugaran tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk fungsi kognitif dan emosi yang tentunya akan membuat kita lebih produktif. Senam ini menggabungkan irama musik dengan gerakan peserta yang dipimpin oleh seorang instruktur.

Untuk kebugaran tubuh, latihan aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, membakar kalori, dan lain-lain.


Untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru dapat dilakukan dengan jalan cepat, lari, bersepeda (stasioner maupun sepeda biasa), dan berenang. Sementara untuk menguatkan otot-otot dapat dilakukan dengan latihan beban.

Sedangkan untuk kelenturan dapat dilakukan dengan peregangan, baik dengan cara berdiri maupun duduk. Beberapa alat bantu yang sering digunakan, misalnya tembok, kursi, lemari, dan lain-lain.

Untuk membakar lemak, senam aerobik low impact maupun high impact dapat menjadi pilihan. Latihan aerobik sebaiknya dilaksanakan secara rutin, tiga kali seminggu, rata-rata 30 menit setiap latihan.

Senam aerobik telah menjadi sangat populer di Indonesia. Dahulu, kaum pria menganggap senam aerobik adalah olahraga untuk wanita saja dan menganggapnya kurang bermanfaat.

Berikut manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan:

1. Meningkatkan Fungsi Jantung
Senam aerobik yang dilakukan secara rutin akan lebih meningkatkan fungsi jantung sehingga jantung anda juga akan lebih sehat.

2. Melawan depresi
Dengan sering melakukan senam aerobik, akan terhindar dari depresi karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang dan bisa bisa mestimulasi perasaan senang atau euphoria dalam tubuh.

3. Meningkatkan kinerja paru-paru
Seperti olahraga pada umumnya, dengan secara rutin melakukan senam Aerobik akan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga tubuh akan lebih sehat.

4. Mengurangi penurunan kognitif
Senam aerobik bisa mengurangi penurunan kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan.

5. Mencegah berbagai penyakit
Senam aerobik juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah dan lainnya.

6. Membentuk tubuh dan mengurangi berat badan
Senam aerobik juga akan membantu membentuk tubuh lebih sempurna dan juga bisa mengurangi berat badan.

(Sie POR)

« Kembali | Kirim | Versi cetak