Batas Usia Pensiun menjadi 58 Tahun

Jum`at, 20 Desember 2013 13:31:06 - Oleh : http://simkeu.unej.ac.id/batas-usia-pensiun-pns-sekarang-menjadi-58-tahun/

Purna Tugas

SYARAT MEMBUAT KIA ANAK (KTP ANAK)

PERINGATAN HARI IBU KE-88 KECAMATAN WATES TAHUN 2016

Pengukuhan Pengurus PKK Kecamatan Wates

T ERNYATA BEKERJA DENGAN MENGENAKAN PAKAIAN ADAT ITU MENYENANGKAN

MALAM RESEPSI KENEGARAAN DI KECAMATAN WATES

 

Pemerintah dan DPR RI telah menyepakati Batas Usia Pensiun (BUP) bagi PNS menjadi 58 tahun. Usia pensiun yang baru ini berlaku menyeluruh untuk PNS mulai golongan I sampai dengan golongan IV.

Ketentuan ini telah masuk dalam RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang rencananya akan di sahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 20 Desember 2013. Ada empat RUU yang akan disahkan pada masa sidang 2012-2013 yang berakhir pada paripurna nanti yaitu RUU ASN (Aparatur Sipil Negara), RUU Perindustrian, RUU tentang Perubahan UU No.30 Tahun 2004, dan RUU Desa.

Perubahan BUP ini sebenarnya cukup mengagetkan karena dalam Draft RUU ASN terakhir (21 Oktober 2013), pemerintah bersikeras bahwa batas usia pensiun (BUP) PNS untuk jabatan administrasi tetap 56 tahun. Pertimbangan kemampuan keuangan negara menjadi alasan pemerintah menolak perpanjangan BUP PNS tersebut. Sejak awal dalam draft RUU ASN yang disusun DPR, sebenarnya batas usia pensiun (BUP) sudah direncanakan menjadi 58 tahun.

Namun perkembangan terakhir tadi malam (16 Desember 2013) rapat Panja RUU ASN seluruh fraksi dan pemerintah akhirnya sepakat menyetujui BUP PNS bertambah dua tahun.

Dari penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, konsekuensi penambahan BUP menjadi 58 tahun sudah diperhitungkan oleh Menteri Keuangan. Meski BUP bertambah namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap pegawai dan tetap memperhitungkan kompetensi masing-masing pegawai.

Wamen PAN- RB Eko Prasojo mengungkapkan penambahan BUP dua tahun bagi seluruh PNS merupakan langkah pemerintah untuk memperpanjang pembayaran pensiun. Sebab, bila tetap di angka 56 tahun, pembayaran pensiun akan semakin membengkak.

Dalam RUU ASN penambahan batas usia pensiun juga diberlakukan untuk jabatan eselon I dan II menjadi 60 tahun. Sementara untuk jabatan fungsional, usia pensiun disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan. Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir rata-rata batas usia pensiun jabatan fungsional sudah ditambah menjadi 60 tahun, dari sebelumnya 58 tahun.

 

Sumber:http://simkeu.unej.ac.id/

« Kembali | Kirim | Versi cetak